http://icrs.ugm.ac.id/10years
ICRS 10th Year Anniversary

Mengapa Harus Investasi Dengan Reksadana ?

 Memiliki impian bukanlah sesuatu yang tercela. Jika sebagian orang berpendapat bermimpi dapat melenakan dan menjadikan bermalas-malasan, maka tidak sepatutnya pendapat itu benar. Asalkan mengetahui cara terbaik untuk meraih impian, maka impian itu akan datang dengan wujud kenyataan. The dream will come true. Begitu juga sebaliknya, jika kita takut dan tidak percaya dalam mewujudkan impian tersebut, maka kegagalanlah yang akan menghampiri kita. Jika merujuk pada perkembangan global pada saat ini, maka salah satu indikator kesuksesan dalam masa depan adalah terwujudnya keamanan dalam keuangan ( Finansial Security ) 
 Ada banyak hal mengapa kita harus memiliki keamanan keuangan kita di masa depan ? salah satu faktor diantaranya adalah bertambahnya nilai produk dan jasa yang meningkat drastis sebagai akibat tingginya pengaruh gaya hidup ( lifestyle) yang semakin modern. Contoh terkecil misalnya, jika pada era 90-an kita mendapati harga sebuah sandal jepit standart berkisar pada Rp. 2500 sampai Rp.3000, maka di era sekarang kita harganya menembus Rp.12000- Rp.20000. bagaimana dengan lima tahun atau sepuluh tahun mendatang ? 
 Contoh harga produk diatas hanyalah secuil dari kebutuhan hidup manusia. Masih banyak sekali kebutuhan hidup yang lebih urgen secara makro seperti kesehatan, pendidikan, tempat tinggal, keamanan, sandang pangan dan lain sebagainya. Selain itu, kepastian ada
nya masa pensiun ketika kita sudah tidak lagi produktif  juga harus jadi pokok perhatian pada masa sekarang. Bagaimana tidak, pada masa itulah, seharusnya kita bisa ‘’menikmati’’  hasil jerih payah usaha kita pada usia muda. Disadari atau tidak, masa pensiun dan kesehatan yang terjamin dengan baik menjadi motivasi terkuat untuk menumbuhkan semangat dalam meraih cita-cita kebanyakan dari kita. Berbagai cara ditempuh seperti dengan mendaftar pada berbagai agen premi asuransi maupun platform investasi yang menjamur di sekeliling kita.     
 Dari gambaran diatas, dapat disimpulkan bahwa untuk mencapai impian, terutama dalam jaminan finansial adalah merencanakannya dengan baik mulai dari sekarang. Bagaimana cara merencanakannya ? Dalam salah satu survey disebutkan bahwa perekonomian Indonesia akan tumbuh 5,2 % pada tahun 2016 ini, namun peluang ini belum menjadi jaminan untuk mewujudkan dana pensiun jika kita tidak mempersiapkannya dari sekarang. Maka berinvestasi menjadi trek yang harus ditempuh untuk mempersiapkan hal tersebut. Namun di era ekonomi yang rentan mengalami fluktuasi ini, maka, memilih investasi yang aman dan menguntungkan mutlak dibutuhkan. Hal ini terjadi karena secara lumrah, selain berpotensi mendatangkan profit yang besar, investasi tanpa perhitungan yang matang dapat mendatangkan resiko yang tidak kalah besar pula.   
 Salah satu investasi di era millennium ini yang layak untuk dipertimbangkan adalah Reksa Dana. Apa pengertian dari Reksa Dana itu ? sebelum kita memutuskan untuk memilih jenis investasi ini, kita pahami dulu pengertiannya dengan benar agar tidak terjadi kerancuan dalam pemahaman kita. Menurut Undang-Undang Pasar Modal nomor 8 tahun 1995 pasal 1, ayat (2) ‘’ Reksa Dana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam potofolio Efek oleh manager investasi’’. Secara sederhana, dapat kita pahami bahwa Reksa Dana diasumsikan seperti arisan modal yang dipercayakan secara manajer investasi yang profesional.
      Mengapa harus memilih Reksa Dana ? ada beberapa manfaat yang diperoleh dari Reksa Dana. Pertama, Dikelola oleh manajemen profesional. Dengan menitipkan dana kita kepada manajer investasi yang berkualitas, maka kita dapat menghemat waktu dan menitipkan metode riset pasar maupun analisis harga efek pada manajer tersebut. kedua, Diversifikasi investasi. Dengan Reksa Dana, dana kita dapat terinvestasikan pada berbagai  jenis efek sehingga meminimalkan resiko yang lebih besar jika terjadi kolaps pada salah satu instrument investasi yang kita pilih.
     Ketiga. Transparansi informasi, dalam hal ini, pihak manajemen investasi wajib melaporkan perkembangan portofolio berupa biaya, resiko, keuntungan dan prospektus investasinya sehingga mitra bisa memantau investasinya dengan teratur. Keempat,  Likuiditas yang tinggi. Dengan prospek ini,mitra dapat mengelola kasnya sendiri dengan baik dan kelima, Biaya transaksi yang lebih rendah karena modal yang dikelola berjumlah besar dan profesional. 
      Kebutuhan untuk berinvestasi dengan Reksa Dana yang menguntungkan tersebut, maka Danareksa Investment Management (DMI) hadir untuk siap membantu  anda dengan berbagai produk unggulan yang ditawarkan. Perusahaan yang berdiri pada tahun 1992 sebagai anak perusahaan dari PT. Reksadana (persero) ini mampu memahami kebutuhan mitra, sehingga pihak DIM selalu bertindak secara profesional dan transparan dengan mengadakan riset yang fokus dan mendalam, memformulasikan dan menjalankan strategi investasi terbaik untuk mewujudkan masa depan terbaik bagi mitra yang memberikan kepercayaan kepadanya.
Grand Launching '' Investasiku Masa Depanku
(Photo by Ratnadewi. me )
      Mengapa harus DIM ? pertama, DIM menjadi manajemen investasi pertama di Indonesia yang meluncurkan Reksa Dana index berbasis syariah melalui produk bernama Danareksa Index Syariah (DINAR) dan memfasilitasi terbentuknya Jakarta Islamic Index (JII), kedua, memprakarsai terbentuknya produk Efek Beragun Asset (EBA) atau Asset Backed Securities(ABS), ketiga, meluncurkan progam inovatif ‘’Investasiku Masa Depanku’’ dan keempat, mewujudkan inovasi Reksadana berbasis online. Dan pada tahun lalu, DMI menyabet gelar Most Innovative Asset Management Indonesia oleh Majalah Global Banking and Finance Review.
      Terkhusus untuk program Investasiku Masa Depanku yang dilauncing di The Terrace Senayan National Golf Club pada Januari lalu dapat menjadi program Reksa Dana berkala  yang multiguna terutama untuk mempersiapkan dana untuk masa pensiun. Dalam program ini, DMI yang mengelola lebih dari 15 triliun dana nasabah tersebut berupaya meningkatkan kapasitas dan kualitas dalam bentuk kerjasama strategis dengan Bank Central Asia (BCA) untuk transaksi autocollection. Sehingga dengan adanya kerjasama ini, proses transfer bulanan dapat dilakukan secara otomatis dengan setoran terjangkau sebesar  Rp.200.000 per bulan. 
        Adapun produk yang ditawarkan perusahaan terdaftar dan diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) adalah Reksa Dana Campuran dengan jangka waktu investasi minimal  tiga tahun berupa Dana Reksa Syariah Berimbang dan Dana Reksa Anggrek Fleksibel dan Dana Reksa Saham dengan jangka waktu minimal lima tahun yang meliputi Danareksa Mawar, Danareksa Mawar fokus 10, Danareksa Mawar Konsumer 10, Danareksa Mawar Komoditas 10, Danareksa Index Syariah, Danareksa Syariah Saham dan Danareksa Mawar Rotasi Sector Strategis (MaRSS). Untuk registrasi layanan ini sangatlah mudah yaitu dengan registrasi online di website resmi yaitu   http://reksadana.danareksaonline.com. 
       Dengan berbagai keunggulan dan kemudahan yang ditawarkan oleh Danareksa Investment Management (DMI) tersebut, maka tidak ada keraguan lagi bagi kita untuk memilihnya sebagai mitra yang profesional dalam mewujudkan investasi terbaik untuk masa depan yang lebih baik. Mari bergabung dan bermitra dengan kami untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang mandiri, berdaya saing dan berkesejahteraan di masa yang akan datang, selamat berinvestasi !  

Artikel ini diikutsertakan dalam kompetisi blog Blogger Writting Competition- Investasiku Masa Depanku bersama Danareksa.’’. 

Previous
Next Post »
ICRS 10th Year Anniversary